Senin, 29 Oktober 2012

Apa sih pentingnya memanajemen waktu?

Definisi manajemen waktu jika dipisahkan menurut susunanya yaitu manajemen, berasal dari kata Manage artinya:  mengelola, kemudian diikuti dengan kata waktu itu sendiri. Sedangkan Waktu adalah terdiri dari siang dan malam yang tersusun dari  satuan waktu terkecil yaitu detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun. Untuk lebih mudah dalam pelaksanaannya dan pemaksimalan hasilnya manajemen waktu sebaiknya dilakukan dari satuan waktu yang terkecil yaitu detik, menit, jam, dan hari.


Kita semua tahu, jatah waktu yang diberikan kepada kita adalah 24 jam sehari 7 hari seminggu. “Tapi kenapa dengan modal waktu yang sama seseorang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang sama dibanding dengan orang yang bisa memenej waktu?”. Nah, Kemampuan inilah yang kemudian disebut sebagai manajemen waktu.

Orang-orang yang mampu memanfaatkan waktu dengan maksimal ialah orang yang mampu memanfaatkan tiap waktu luangnya sesempit apapun itu.  Berdasarkan penelitian, ternyata orang-orang yang sukses di dunia ini rata-rata adalah mereka yang mampu memenejemen waktunya dengan baik lho!.

Menjadi seorang mahasiswa, kegiatannya pun bertambah selain menuntut ilmu, juga mengikuti berbagai aktifitas seperti kegiatan tambahan, organisasi kemahasiswaan, atau aktifitas yang lainnya. Interaksi sosial pun semakin bertambah juga, seiring bertambah umurnya.  Mungkin sudah mulai memikirkan calon pasangan hidup, atau mencari peluang bisnis. Dengan berbagai aktifitas tersebut, tentu seorang mahasiswa harus pandai mengatur waktu, merencanakan kegiatan-kegiatan, dan bahkan banyak aktifitas yang menyita waktu, banyak juga mahasiswa yang berhasil dalam target belajarnya karena pandai mengatur waktunya dan begitu pula sebaliknya.

Ahmad Maghfurry mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) menuturkan, bahwa memanajemen waktu adalah mengatur waktu sedemikian rupa untuk diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan positif, sehingga dengan memenej waktu keseharian kita tidak terbuang sia-sia.

Yasser Azka mahasiswa Universitas Islam Indonesia menegaskan, manajemen waktu itu mengenai urusan kita bersyukur tidak dengan apa yang sudah Allah kasih kepada kita, sebagai manusia, modal yang dikasih Tuhan pada dasarnya cuma diri kita ini dan waktu. Pada hakikatnya diri kita adalah tanggung jawab kita masing-masing, sedangkan waktu sebagai variabel eksternal dari diri kita sendiri, mau tidak mau, kita  bisa mengatur itu, jadi waktu akan jadi pengingat kita, kalau kita tidak memaksimalkan waktu maka diri kita akan jauh berbeda dengan yang memaksimalkan diri dan waktunya.

Lain halnya dengan Fatoni mahasiswa UIN Sunan Kalijaga menuturkan, Manajemen waktu bukan sekedar persoalan membagi waktu. Melainkan manajemen waktu artinya adalah meng-kaffah-kan hidup kita dalam satuan pekerjaan yang kita miliki. Manajemen waktu juga berarti optimalisasi kinerja diri dengan waktu yang kita miliki.



Kita harus menyadari setiap individu memiliki jumlah jam yang sama, namun kita akan melihat beberapa orang yang mengeluh tentang waktu yang mereka miliki. Oleh karena itu, untuk manajemen waktu yang efisien sangat penting untuk menetapkan prioritas dan menyelaraskan dengan tenggat waktu. Ketika Anda mulai memprioritaskan hal ini, Anda akan melihat, bahwa ada banyak waktu untuk kegiatan yang penting dalam hidup anda. Manajemen waktu membantu dalam mengorganisir diri sendiri. Jika Anda bisa membagikan waktu tertentu untuk setiap pekerjaan atau kegiatan, anda tidak akan memiliki kekhawatiran tentang pencapaian target Anda. Selamat belajar membagi waktu kesuksesan menunggu anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar