A. Pengertian Kualitas jasa
Kualitas jasa (service
quality) adalah salah satu faktor yang penting dalam usaha mencapai keunggulan
bersaing (competitive advantage). Untuk mencapai kualitas jasa yang diinginkan,
pengelola jasa memerlukan upaya pemenuhan keinginan konsumen serta penyampaian
yang tepat untuk memenuhi keinginan konsumen.
Menurut Wyckoff
(Christoher Lovelock), 1998), kualitas jasa adalah tingkat keunggulan yang
diinginkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi
keinginan konsumen.
Dua faktor utama yang
mempengaruhi kualitas jasa adalah jasa yang diinginkan (expected service) dan
jasa yang diterima (perceived service). Apabila jasa yang diterima konsumen
sudah sesuai dengan jasa yang diinginkan maka kualitas jasa tersebut dianggap
baik atau memuaskan. Di lain pihak bila jasa yang diterima ternyata belum
sesuai dengan jasa yang diinginkan maka kualitas jasa tersebut belum dapat
dikatakan baik. Dengan demikian kualitas jasa sangat tergantung dari kemampuan
penyedia jasa untuk memenuhi keinginan konsumennya secara konsisten.
B. Prinsip-prinsip Kualitas Jasa
Untuk menciptakan
suatu gaya manajemen dan lingkungan yang kondusif bagi perusahaan jasa dalam
memperbaiki kualitas, perusahaan harus mampu memenuhi enam prinsip utama yang berlaku
bagi perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa. Keenam prinsip tersebut
sangat bermanfaat dalam membentuk dan mempertahankan lingkungan yang tepat
untuk melaksanakan perbaikan kualitas secara kontinu dengan didukung oleh
pemasok, karyawan, dan pelanggan.
Kualitas Jasa
Pengertian Kualitas
Menurut Heizer dan Render (hal 171, 2001), yang dimaksud dengan kualitas adalah: kemampuan dari suatu produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah. Sementara menurut Everett & Ronald (hal 596,1992): Product quality is the degree to which the design specifications for a product are appropriate to its function and use, and the degree to which the product conforms to its design specifications”.
Menurut Heizer dan Render (hal 171, 2001), yang dimaksud dengan kualitas adalah: kemampuan dari suatu produk atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah. Sementara menurut Everett & Ronald (hal 596,1992): Product quality is the degree to which the design specifications for a product are appropriate to its function and use, and the degree to which the product conforms to its design specifications”.
Read more
http://rimaru.web.id/pengertian-dan-prinsip-kualitas-jasa/
| � r k �� �� aikan kepercayaan dan keyakinan
4. Empati: kesediaan memeberikan
perhatian yg mendalam dan khusus kepada masing-masing pelanggan
5. Benda berwujud: penampilan
fasilitas fisik,perlengkapan,karyawan,dan bahan komunikasi
• Mengelola produktivitas:
perusahaan-perusahaan jasa mengalami tekanan yg berat utk tetap menurunkan
biaya dan meningkatkan produktivitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar